Hari ini kita bisa menyambut kemerdekaan Indonesia berkat perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan para pahlawan yang telah gugur. Banyak dari kita yang tidak mengetahui siapa saja pahlawan yang membantu Indonesia lepas dari penjajahan. Mulai sekarang mari kita coba mengenal Pejuang Kemerdekaan Indonesia.

Kali ini Blend akan berbagi sedikit cerita tentang beberapa pahlawan yang berpengaruh dalam kemerdekaan Indonesia.

Cut Nyak Dien

Pahlawan Perempuan Indonesia
Cut Nyak Dien

Cut Nyak Dien merupakan pahlawan berkelahiran Aceh. Walaupun ia seorang perempuan akan tetapi dialah yang memimpin pasukan untuk melawan belanda dalam perang Aceh.

Semangat Cut Nyak Dien sangat membara untuk melawan belanda karena ingin membalas dendam akibat kematian suaminya yaitu Ibrahim Lamnga. Perjuangnya berakhir pada 6 November 1908 dan di makamkan di Sumedang.

Jendral Sudirman

Jendral sudirman merupakan Panglima besar termuda yang lahir di Bodas Karangjati pada 24 Januari 1916. Bergabung dengan Pahlawan kemerdekaan pada saat umurnya 31 tahun dalam melawan penjajah Jepang.

Memiliki sifat yang pantang menyerah walau dalam keadaan tidak sehat Jendral Sudirman tetap melakukan peperangan. Sangat disayangkan beliau meninggal pada 29 januari 1950 akibat suatu penyakit, lalu dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Yogyakarta.

Sultan Hassanudin

Mendapatkan julukan Ayam jantan dari timur, Sultan Hassanudin merupakan pahlawan yang berasal dari sulawesi selatan. Sultan Hassanudin kelahiran Makassar tahun 1631. Setelah menjadi Sultan kerajaan Gowa, kemudian ia berusaha mempersatukan beberapa kerajaan untuk melawan Belanda. Jiwa kepemimpinannya ini sudah muncul sedari dini.

Ini membuat belanda ketar-ketir dan meminta bantuan ke Batavia untuk menerobos benteng terkuat Gowa, yaitu Somba Opu. Pada tanggal 12 Juni 1670 Sultan Hassanudin Wafat karena penyakit ari-ari.

Gimana Blend User? Pastinya sekarang kalian sudah mengenal Pejuang Kemerdekaan Indonesia. Sebagai bentuk apresiasi para pahlawan kita membuat challenge untuk kalian. Dengan cukup edit foto selfie kalian dengan template bertema kemerdekaan RI di blend. Lalu, Upload di Instagram Post /story kamu dengan hastag #SambutMerdeka.  Buat yang belum punya aplikasi Blend bisa langsung Download disini ya.