Setiap harinya pengunjung shopee mengalami peningkatan. Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan yaitu bisa  dengan menjadi shopee star seller. Dipastikan setiap seller ingin mendapatkan hal ini untuk meningkatkan legalitasnya dalam berjualan di shopee. Simak syarat dan cara menjadi star seller shopee berikut ini!

Shopee membagi beberapa golongan untuk para sellernya, salah satunya yaitu star seller. Kira-kira apa ya yang dimaksud dengan star seller shopee?

Apa yang dimaksud  Program  Star Seller Shopee?

cari tahu apa yang dimaksud star seller shopee
apa itu star seller shopee

Diambil dari halaman shopee seller center yang dimaksud dengan star seller yaitu Penjual terpilih dan terpercaya yang telah terbukti memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik untuk Pembeli. Sehingga pembeli mendapatkan kepercayaan dalam bertransaksi.

keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menjadi Star Seller!

keuntungan menjadi star seller shopee
Keuntungan Star Seller

Sebagai bentuk apresiasi kepada para star seller, Shopee memberikan beberapa keuntungan ringan yang bisa didapatkan:

  1. Pemotongan Biaya Layanan, sehingga keuntungan yang kamu dapatkan bisa lebih besar lagi.
  2. Fitur pencarian star  jadi para pelanggan bisa melihat produkmu lebih cepat.
  3. Mendapatkan Badge “star Seller” di setiap halaman produk dan Toko, ini bisa menambah kepercayaan pelanggan untuk membeli produk kamu.
  4. Bisa mengaktifkan program spesial gratis ongkir dengan minimal pembelian yang lebih rendah.
  5. Dapat menambahkan produk hingga 10.000 produk.
  6. Akses prioritas untuk program-program yang diaakan shopee seperti flash sale, Live Shopee dan lainnya.
  7. Mendapatkan Bonus saldo Iklan  1% perbulan.

Karena tidak sembarangan seller yang bisa mendapatkan ini, seller harus memenuhi beberapa syarat star seller shopee. Penjual yang mendapatkan ini akan menjadi lebih eksklusif dari penjual lainnya. Diperlukannya konsistensi dalam melakukan pelayanan yang baik untuk mendapatkan star seller. 

Berikut ini 12 cara menjadi star seller shoppe berikut syaratnya!

Perlu diketahui untuk menjadi star seller kamu harus terlebih dahulu mengikuti aturan menjadi star seller shoppe untuk mendapatkan undangan dari pihak shopee. Terlihat sulit akan tetapi jika kalian mengikuti tips dan syarat cara menjadi star seller shopee berikut ini, dijamin akan dengan mudah mendapatkan undangan untuk  menjadi star seller.

1. Verifikasi Data  Akun Shopee

hal utama dalam cara menjadi star seller shopee yaitu verifikasi data akun shopee kamu
verifikasi akun shopee

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan langkah-langkah selanjutnya yaitu memastikan kamu telah melewati verifikasi data. Hanya diperlukan  menginput data detail nomor KTP.

2. Salah Satu Cara Menjadi Star Seller Shopee yaitu Menjaga Konsistensi dalam Merespon Chat

menjaga konsistensi respon chat
kosistensi merespon chat

Toko kamu wajib meningkatkan presentasi respon chat hingga 80% hingga 100%, jika sudah kamu juga harus menjaga konsistensi berikut ini agar tidak turun. Kamu bisa meningkatkannya dengan cara merespon chat tidak kurang dari satu jam. 

Untuk mengeceknya sangat mudah, kamu bisa pergi ke toko kamu di shopee dan klik salah satu produk dan lihat bagian bawah profil toko.

3. Meningkatkan Presentasi Penilaian Toko hingga 4.5

ini harus kamu pastikan agar bisa lolos jadi star seller yaitu meningkatkan penilaian
Meningkatkan penilaian toko

Penilaian toko yang kamu dapatkan harus sangat minimal yaitu 4.4, cara mendapatkannya yaitu dari ulasan yang diberikan oleh pembeli. Lihat bagian kanan toko shopee kamu untuk mengecek rating yang kamu dapatkan. 

Ulasan ini biasanya dinilai dari yang paling utama yaitu kualitas produk apakah sesuai dengan ekspetasi pembeli atau tidak, dan salah satu yang mempengaruhi yaitu pelayanan dari para seller.

4. Pastikan Pre-order dilakukan kurang dari 20% Penjualan

salah satu cara menjadi star seller shopee yaitu  melakukan pre-order kurang dari 20% penjualan
pre-order kurang dari 20%

Persentase dan jumlah produk Pre-order dalam 30 hari terakhir maksimal kurang dari 20%. Ini dilakukan maksimal 5 hari dan perhitungan hanya dilakukan jika ada lebih dari 300 produk pre-order di toko. 

Biasanya produk pre-order akan dikirim lebih lama dari biasanya, sehingga pelanggan akan menerima produk tidak secepat biasanya. 

5. Transaksi berhasil harus lebih dari 20 Pesanan dalam 30 Hari terkahir

pastikan kamu mendapatkan 20 pesanan dalam sebulan untuk menjadi star seller shopee
minimal 20 pesanan dalam sebulan

Selain pre-order, kamu juga harus mendapatkan minimal 20 pesenan dalam sebulan atau pendapatan bersih lebih dari  20jt ini tidak termasuk biaya lainnya. Cara mengeceknya kamu bisa mengunjungi shopee seller center untuk melihat kegiatan transaksi kamu dalam 30 hari terakhir. 

Ini memang cukup menjadi tantangan untuk kamu yang ingin mendapatkan undangan star seller ini, akan tetapi jika kamu memiliki strategi yang tepat dipastikan akan mudah untuk mendapatkan angka itu. 

6. Dapatkan 10 Pembeli Berbeda setiap bulannya

usahakan mendapatkan 10 pembeli berbeda setiap bulannya
10 Pembeli berbeda dalam sebulan

Syarat selanjutnya yang harus kamu penuhi yaitu mendatang 10 pelanggan berbeda setiap bulannya. Berbeda yang dimaksud yaitu bukan pembeli yang melakukan pembelian ulang di toko kamu. 

Kamu harus mendapatkanya dibulan sebelumnya saat ingin mendapatkan undangan, maka dari itu diperlukan konsistensi agar kamu bisa memiliki kesempatan setiap saat untuk diundang jika semua syarat telah terpenuhi. 

7. Hindari Penalti dari Shopee

hindari penalti dari shope
Jangan sampai terkena penalti

Inilah pentingnya kamu memperhatikann ulasan yang ada di toko kamu, karena ini akan berpengaruh terhadap penalti shopee. Setiap ulasan negatif mengenai produk kamu itu menjadi poin penalti dari shopee. Jika kamu lihat pada shopee seller center penalti yang bisa ditoleransi maksimal hanya 2 kali.

Akan tapi lebih baiknya kamu menghindari penalti ini agar mem permudah proses kamu mendapatkan undangan untuk star seller.

8. Tidak menyalah gunakan Program ini merupakan cara menjadi star seller yang benar

cara menjadi star seller shopee yaitu tidak menyalah gunakan program
Gunakan program dengan benar

Ini bukan cara menjadi star seller shopee dengan baik, jangan pernah lakukan. Contohnya yaitu kamu melakukan fake order agar kamu bisa mencapai target yang diinginkan, ini menjadi hal yang sangat berbahaya jika terbaca oleh pihak shopee. Pastikan kamu melakukan kegiatan jual beli seperti yang telah ditentukan.

9. Ikuti Program Shopee

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk meingkatkan orderan daripada melakukan fake order yaitu mengikuti program-program yang ditawarkan oleh shopee.hal ini bisa meningkat penjualan pada toko kamu.

10. Hindari Pnejualan produk terlarang

Perhatikan beberapa produk yang tidak boleh dijual di shopee yaitu obat-obatan kesehatan yang biasanya dibutuhkan resep dari dokter, Minuman keras bagi yang tidak memiliki surat izin usaha, Produk bermerek yang tidak mendapatkan izin dari pihak berwenang, benda-benda ghoib, voucher fisik dan lainnya.

11. Beriklan di Shopee

Memasangan ads di shopee memberikan kesempatan produk kamu muncul pada halaman utama jika kata kunci yang kamu berikan sesuai. Maka dari itu kata kunci yang digunakan harus dipikirkan dengan baik-baik sehingga sesuai dengan target tujuan.

12. Buat Toko-mu Semenarik Mungkin

Sebenernya ini merupakan menjadi syarat yang diwajibkan, akan tetapi ini bisa berpengaruh terhadap peningkatan jualan kamu. Tampilan yang menarik bisa membuat orang ingin membeli produk yang kamu jual. Maka dari itu banyak sekali seller yang membuat tokonya semenarik mungkin dengan desain-desain estetik.

Salah satu aplikasi yang bisa membantu kamu dalam mendapatkan desain estetik yaitu Blend karena tersedia ribuan template yang bisa kamu gunakan. Selain itu, aplikasi ini bisa menghapus background produk kamu sehingga bisa terlihat lebih rapih dan on point. 

Untuk biaya menjadi star seller shopee yaitu sebesar 4,7% berlaku untuk star/star+, akan tetapi ini semua tergantung pembagian katagori dari A-E, lebih lengkapnya bisa klik ini.